PENUSA

PENUSA adalah singkatan dari Pelita Nusantara, STMIK Pelita Nunsatara Medan adalah instansi pendidikan yang bergerak dibidang Informatika Komputer. STMIK Pelita Nusantara Medan memfokuskan diri untuk membantuk seluruh anak bangsa, terutama putra-putri Sumatera Utara yang menginginkan pendidikan pada Sekolah Tinggi untuk mendapatkan sertifikat pendidikan Strata (S1) dan Diploma (D3). Untuk menunjukkan bahwa STMIK Pelita Nusantara Konsisten terhadap pendidikan, setiap tahun menerima mahasiswa beasiswa penuh atau sebagian. Pada tahun 2016 hampir 1/2 mahasiswa aktif pelita nusantara adalah mahasiswa beasiswa. Hal ini sangat didukung oleh Yayasan Demokrat Cemerlang yang menaungi STMIK Pelita Nusantara.

Kredibel

Aspek kredibel antara lain dicerminkan atau dinyatakan dalam tata cara pemilihan pejabat struktural di lingkungan STMIK Pelita Nusantara. Ketua dipilih melalui mekanisme yang melibatkan perwakilan dari unsur Dosen, Ketua LPM, Ketua LPPM, Kepala UPT Perpustakaan, Kepala Pusat Komputer, para Wakil Ketua, Para Ketua Program Studi yang tergabung di dalam Senat Perguruan Tinggi.

Pemilihan calon Ketua dilakukan dalam rapat Senat Perguruan Tinggi yang khusus diadakan untuk pemilihan calon Ketua. Ketua Senat membentuk Panitia Pemilihan yang mengacu pada Peraturan Yayasan tentang pemilihan Ketua di lingkungan STMIK Pelita Nusantara yang dipilih diantara anggota Senat Perguruan Tinggi untuk mempersiapkan dan melaksanakan pemilihan calon Ketua sampai ditetapkannya Ketua baru yang definitive. Pemilihan calon Ketua dilakukan secara bebas dan rahasia.  Panitia pemilihan memilih calon dengan suara terbanyak untuk diajukan kepada Ketua Yayasan.

Wakil Ketua dipilih langsung oleh Ketua setelah mendapatkan pertimbangan dari Senat perguruan tinggi.

Ketua LPM, Ketua LPPM, Kepala UPT Perpustakaan dan Kepala Pusat Komputer diangkat dan diberhentikan oleh Ketua setelah mendapat pertimbangan Senat.

Ketua program Studi dan para kepala biro diangkat dan diberhentikan oleh Ketua atas usulan Wakil Ketua.

Semua pengampu jabatan struktural dan non struktural di institusi ditetapkan dengan Surat Keputusan dari Ketua.

Tanggung Jawab

Institusi secara garis besar tentunya bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan Akademik dan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Dalam menjalankan aktivitasnya, seluruh civitas akademika memiliki tugas, tanggung jawab,fungsi dan wewenang yang berbeda seperti yang tertera dalam statuta, peraturan kepegawaian, peraturan Mahasiswa maupun peraturan dan tata tertib Dosen  STMIK Pelita Nusantara Medan.

Dilihat dari segi tanggungjawab tata pamong, STMIK Pelita Nusantara telah memiliki buku pedoman akademik, pedoman norma dan etika pegawai, serta pedoman mahasiswa.Sebagian pedoman telah diterjemahkan dalam bentuk sistem informasi online yang memungkinkan stakeholder memberikan masukan dan kontrol.

Adil

STMIK Pelita Nusantara Medan mengutamakan aspek keadilan dimana pengaturan distribusi kerja, kenaikan jabatan, sanksi, reward, dan waktu kerja disesuaikan dengan peraturan yang berlaku di STMIK Pelita Nusantara. Kepemimpinan yang adil ditunjukkan sebagai berikut :

  1. Pemilihan masing-masing Ketua Biro diserahkan secara terbuka kepada masing-masing Biro, sehingga tidak ada intervensi dari pimpinan. Pembagian mengajar matakuliah diseimbangkan antar dosen dengan cara mengelompokkan Mata kuliah prodi dan Mata Kuliah bidang ilmu.
  2. Semua dosen memiliki peluang menggunakan dana penelitian yang sama, dengan cara pimpinan memberikan penawaran penelitian kepada semua dosen. Demikian juga untuk penggunaan dana pengabdian kepada masyarakat. Pendanaan dan kesempatan untuk mengikuti seminar nasional dan internasional di dalam negeri diberikan kepada semua dosen dengan cara pimpinan mengirim surat kepada masing-masing dosen mengenai kesempatan ini.
  3. Ketua menyebarluaskan informasi tentang sumber dana penelitian dan waktu pelaksanaan melalui surat edaran maupun informasi dari laman LPPM, sehingga semua dosen memiliki peluang yang sama untuk memperoleh dana penelitian.
  4. Kesempatan untuk terlibat dalam kepanitiaan institusi diberikan kepada semua dosen yang ada dan mau bekerjasama.
  5. Kegiatan kerjasama dengan berbagai instansi (pemerintah dan swasta) ditawarkan kepada semua dosen.
  6. Hasil kegiatan disosialisasikan di website STMIK Pelita Nusantara Medan (www.)
kampus-stimik-pelita-nusantara

Transparan

Tugas pokok dan fungsi setiap jajaran ditetapkan berdasarkan hasil rapat pimpinan dan dipaparkan secara terbuka kepada seluruh jajaran unit kerja untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.  Hasil kinerja seluruh jajaran Institusi yang telah dievaluasi diumumkan secara transparan dalam bentuk Indeks Kinerja Dosen  dan Indeks Kinerja Pegawai. Hasil kinerja ini nantinya juga akan menjadi bahan pertimbangan untuk kenaikan jabatan, kenaikan gaji, pemberian reward maupun sanksi bagi seluruh tenaga kependidikan.

Secara rutin rapat kordinasi dilaksanakan dengan tujuan sebagai media musyawarah dalam menyelesaikan permasalahan di Institusi maupun program studi. Keputusan yang menyangkut kepentingan bersama Dosen dan mahasiswa dibahas dalam rapat yang diadakan secara periodik tersebut dan dihadiri oleh seluruh Dosen tetap. Hasil pembahasan dalam rapat tersebut kemudian disosialisasikan kepada  pihak-pihak terkait, yaitu Ketua dan pimpinan unit lain, Dosen, tenaga akademik dan mahasiswa, agar diperoleh pemahaman yang sama dan dapat dilaksanakan dengan benar dan tepat.

Secara rutin Program studi menyusun laporan penyelenggaraan dan pencapaian setiap satu semester. Laporan ini diverifikasi dan dikompilasi oleh Lembaga Penjamin Mutu untuk kemudian dilaporkan kepada Ketua dan diterbitkan dalam bentuk laporan per-semester.

Transparasi dapat dilihat dari keterbukaan informasi baik yang menyangkut aspek akademik maupun non akademik. Diinformasikannya peluang-peluang untuk memperoleh dana beasiswa bagi mahasiswa, dosen, maupun dana hibah penelitian bagi dosen atau kegiatan PKM mahasiswa dan lain-lain. Juga dilakukan kuesioner tentang kualitas dosen pada mahasiswa. Saat ini seluruh dokumen penjaminan mutu sudah dapat dibaca lewat website STMIK Pelita Nusantara, hal ini merupakan bentuk dari transparasi terhadap publik. Penyusunan Laporan Evaluasi Diri adalah wujud dari kesiapan STMIK untuk diaudit baik internal maupun BAN-PT.

Akuntabel

Pegawai  dan Dosen secara periodik akan dinilai kinerjanya (Nilai Kinerja Individu) oleh atasan langsung dan dibandingkan dengan target yang telah lebih dulu ditetapkan (Sasaran Kerja individu). Setiap unit akan mengalami penilaian yang sama. Nilai Kinerja Individu dan Nilai Kinerja Unit kemudian digunakan untuk menentukan pemberian penghargaan, pembinaan, dan pemberian sanksi.

Dalam mengukur kinerja tata pamong Institusi, mengacu pada standar penilaian yang disusun oleh Lembaga Penjamin Mutu dalam bentuk laporan hasil kinerja unit kerja. Media yang digunakan sebagai alat ukur dalam menilai kinerja tata pamong meliputi: – Laporan Angket kinerja seluruh unit kerja

– Laporan kehadiran dan keterlambatan Dosen dan pegawai

– Absensi kehadiran pegawai menggunakan absensi langsung (Finger Scan)

– CCTV

– Kritik dan saran melalui fasilitas Call Center, web dan e-mail.

Pedoman akademik merupakan acuan penyelenggaraan kegiatan akademik yang harus dilaksanakan oleh seluruh civitas akademika dengan baik, untuk memastikan proses belajar mengajar berjalan dengan aman, tertib dan lancar dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai moralitas.

Program Studi bekerja sama dengan Lembaga Penjaminan Mutu dan Wakil Ketua I untuk melakukan evaluasi dan koreksi terhadap pelaksanaan kegiatan akademik apakah telah sesuai dengan prosedur dan standar yang telah ditetapkan dalam dokumen Standar Mutu SPMI STMIK STMIK Pelita Nusantara Medan.